animasi

Maandag 06 Mei 2013

Apa itu agama Islam?


By: Usni Rizal Anak Hawai

Pengertian Islam

Berdasarkan ilmu bahasa (Etimologi) kata ”Islam” berasal dari bahasa Arab, yaitu kata salima yang berarti selamat, sentosa dan damai. Dari kata itu terbentuk kata aslama, yuslimu, islaman, yang berarti juga menyerahkan diri, tunduk, paruh, dan taat.

Arti yang sebenarnya dari Islam adalah penerimaan dari suatu pandangan  atau  suatu  keadaan  yang mula-mula ditolak atau tidak diterima. Di dalam Al-Qur'an,  Islam seringkali  diartikan  kerelaan dari seseorang   untuk   menjalankan  perintah  Tuhan  dan mengikutinya.

"Muslim" adalah kata keadaan daripada Islam. Ini berkenaan dengan orang yang bersedia (rela) menjalankan perintah Tuhan dan mengikutinya, seorang yang mengikuti pesan Muhammad dan percaya akan kebenarannya.

Dua kata-kata  itu, memperoleh  arti  yang  khusus setelah mengenal pesan yang disampaikan oleh Nabi Muhammad. Pesan yang disampaikan pada Muhammad dinamakan Islam, dan mengaku percaya pada pesan-pesannya adalah juga Islam.

Secara istilah (terminologi), Islam berarti suatu nama bagi agama yang ajaran-ajarannya diwahyukan Allah kepada manusia melalui seorang rasul. Ajaran-ajaran yang dibawa oleh Islam merupakan ajaran manusia mengenai berbagai segi dari kehidupan manusia.

Islam merupakan ajaran yang lengkap, menyeluruh dan sempurna yang mengatur tata cara kehidupan seorang muslim baik ketika beribadah maupun ketika berinteraksi dengan lingkungannya. Islam juga merupakan agama yang dibawa oleh Nabi Adam, Nabi Ibrahim, Nabi Ya’kub, Nabi Musa, Nabi Sulaiman, Nabi Isa as. Dan nabi-nabi lainnya.

Dengan demikian Islam adalah agama Allah yang diwahyukan kepada Rasul-rasul-Nya untuk diajarkan kepada manusia. Dibawa secara berantai (estafet) dari satu generasi ke generasi selanjutnya dari satu angkatan ke angkatan berikutnya.

Islam adalah rahmat, hidayat, dan petunjuk bagi manusia dan merupakan manifestasi dari sifat rahman dan rahim Allah swt. Agama-agama selain Islam umumnya diberi nama yang dihubungkan dengan manusia yang mendirikan atau yang menyampaikan agama itu atau dengan tempat lahir agama bersangkutan seperti agama Budha (Budhism), agama Kristen (Christianity), atau agama Yahudi (Judaism).

Nama agama yang disampaikan oleh Nabi Muhammad ini tidak dihubungkan dengan nama orang yang menyampaikan wahyu itu kepada manusia atau nama tempat agama itu mula-mula tumbuh dan berkembang.  Oleh karena itu penamaan Muhamedanism untuk agama Islam dan Mohammedan untuk orang-orang Islam yang telah dilakukan berabad- abad oleh orang Barat, terutama oleh para orientalis adalah salah.

Kesalahan ini disebabkan karena para penulis Barat menyamakan agama Islam dengan agama-agama lain, misalnya dengan Chrisianity yang diajarkan oleh Jesus Kristus atau Budhism yang diajarkan oleh Budha Gautama dan lain-lain.

“Oleh Usni Rizal Amami"

Sumber Image : Google

Leave a comment



Gambar tantangan reCAPTCHA






Dapatkan kata pengujian baru
Dapatkan kata pengujian berbentuk audio
Bantuan


Facebook

profile

Lebaran.com

IndoLebaran

IndoLebaran profile
IndoLebaran Makna Amal Jariah Ada sebuah hadist yang sangat populer, yaitu : إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ... fb.me/2n6eBg0DY · reply · retweet · favorite
IndoLebaran profile
IndoLebaran Asal-usul Wayang Seni Budaya Asli Indonesia Wayang salah satu puncak seni budaya bangsa Indonesia yang paling... fb.me/1IUkagskk · reply · retweet · favorite
By DADLL payday loans

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking